Campaign Name : Extrajoss Dream Team
Brand : Extrajoss
Saya ingin sedikit bercerita di balik suksesnya Campaign Extrajoss Dream Team. Saya berperan sebagai Digital Strategy dan merangkap sebagai Manager Extrajoss Dream Team.
Extrajoss Dream Team merupakan salah satu campaign terbesar Extrajoss di tahun 2021 ini, sebelumnya Extrajoss sudah menjalankan beberapa campaign seperti Virtual Barongsai dan Extrajoss Virtual Race to Share.
Cerita kita mulai saat pemberitaan Sepakbola Indonesia yang mendapatkan lampu hijau dari Pemerintah akan ijin yang di keluarkan untuk penyelengaraan Liga 1 di tahun 2021 ini. Sontak pemberitaan ini membuat masyarakat pecinta sepakbola sangat antusias untuk menyambut pergelaran ini, bukan hanya masyarakat namun klub - klub pun mulai mempersiapkan diri.
Sebagai Brand besar tentunya peluang ini harus segera di lihat sebagai peluang meningkatkan Brand Awareness dan Brand Enggament, karena Sepakbola adalah olahraga nomor 1 yang pastinya memiliki massa yang sangat banyak.
Tanpa basa-basi Brand Extrajoss memutuskan untuk mensponsori 8 klub Liga 1 dan adapun daftar klub tersebut di antaranya Persebaya Surabaya, Persiraja Banda Aceh, PSIS Semarang, Persikabo Kabupaten Bogor, Persela Lamongan, Borneo FC, Bhayangkara FC dan Persik Kediri.
Sebagai orang Digital tentunya hal yang Saya pikirkan adalah melakukan Aktivasi Digital sebanyak mungkin dengan Asset Digital yang dimiliki oleh 8 Klub tadi.
Kita bisa bayangkan ada banyak peluang aktivasi Digital yang bisa Saya lakukan dengan basis masa suporter yang luas akan menghasilkan Enggament yang besar.
Namun, jika hanya kita manfaatkan dengan aktivasi Digital tok, seperti konten Quiz, Yel-yel kompetisi, e-Sport Kompetisi antar suporter masih kurang maksimal.
Saya pun berkoordinasi dengan Team Brand Extrajoss untuk bisa memaksimalkan Asset yang sudah dimiliki ini dengan semaksimal mungkin.
Terciptalah sebuah konsep Team Impian / Dream Team.
Sebuah ide Gila untuk menciptakan sebuah team impian dari 8 klub yang disponsori oleh Extrajoss, Saya pun membuat beberapa perencanaan Digital salah satunya dengan konten pembuka mengajak audiance di Digital Asset Extrajoss untuk membayangkan Team Impian mereka dengan 8 klub tadi beserta pelatih impian mereka yang akan menahkodai Extrajoss Dream Team ini.
Tentunya beberapa Strategi lain saya siapkan diantaranya :
1. Boosting Ads. (IG dan FB Reach Ads)
2. Influencer
3. Portal Media (Artikel)
4. Kolaborasi
Tanpa di sangka Campaign yang tadinya hanya ingin menciptakan Dream Team sebagai campaign digital Tok namun bergerak ke arah pertandingan persahabatan sungguhan.
Sebuah tantangan yang di berikan Management kepada Team Brand Extrajoss dan Saya sendiri dalam hal ini Digital.
Kita pun memikirkan siapa yang akan menjadi lawan Extrajoss Dream Team nanti, mulai dari Persis Solo hingga Rans Cilegon F.C.
Bukan hanya memikirkan lawan tanding, namun kita harus memikirkan ijin dari semua pemain ke Klub masing-masing serta menunjuk pelatih yang akan menahkodai Extrajoss Dream Team.
Langkah awal yang kita lakukan adalah Deal lawan tanding, dan kita menunjuk Rans Cilegon F.C sebagai lawan tanding Extrajoss Dream Team. tentunya penunjukan ini melalui tahapan yang cukup panjang dan melelahkan.
Sedikit bercerita dari pengalaman ini saya sangat bersyukur bisa bertemu Aa Raffi Ahmad dalam proses Deal Pertandingan ini. beliau sangat baik dan ramah, kami disambut sangat hangat oleh team Rans Entertaiment.
Deal lawan tanding sudah di bungkus tinggal menentukan tanggal dan tempat pertandingan. pastinya di tengah kondisi pandemi ini sulit sekali kita menyelenggarakan sebuah event, namun dengan komitmen yang kuat dan kerja keras akhirnya kita mendapatkan ijin penggunaan lapangan dan pastinya ijin pertandingan.
Extrajoss Dream Team X Rans Cilegon F.C di mainkan di Stadion PTIK Jakarta Selatan, pertandingan berlangsung tanpa penonton dan dilakukan super ketat protokol kesehatan.
Pertandingan pun disiaran tunda oleh Stasiun TV Kompas dan Streaming di Channel Youtube Rans Entertaiment.
Integrated Promotion Extrajoss dan Rans Entertaiment menghasilkan sebuah promotion brand yang sempurna, sebuah kombinasi event O2O Offline to Online bukan hanya menghasilkan Brand Awareness dan Brand Enggament namun menghasilkan sebuah revenue (penjualan tiket virtual) dan bisa menjadi sebuah peluang bisnis jika di lakukan dengan benar dan terarah.
Terima Kasih
Syahril Anwar







0 comments:
Post a Comment